Iklan

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Flickr Feed

Img 20220621 Wa0029

YAKKUM Tampak Menuai Hasil Dalam Membantu Warga Yang Mengalami Gangguan Kejiwaan

115
Spread the love

Gunungkidul, Suaradjogja.com — Beberapa warga, dari desa Karangrejek dan desa Mulo, kapanewon Wonosari, yang tadinya belum bisa berbuat apa-apa setelah keluar dari RSJ (Rumah Sakit Jiwa) dan diterima masyarakat, kini ada beberapa orang yang sudah bisa menjalani kehidupan normal berkat pendangpingan YAKKUM.

Dari tahun 2017 YAKKUM yang bergerak dengan program kesehatan jiwa berbasis myasarakat dengan tujuan meningkatkan kwalitas hidup orang dengan disabilitas psikososial, mengintervesi warga yang dinyatakan sembuh dari perawatan RSJ tapi belum mandiri dan belum diterima masyarakat, kami dampingi. Kata Yossi dari bagian informasi YAKKUM.

Awalnya, kami mendata warga bekas pasien yang pernah dirawat RSJ lewat kalurahan. Contoh, dari kalurahan Mulo, terdapat 12 orang dan beberapa orang lagi dari kalurahan Karangrejek. Kami kumpulkan di tempat terbuka supaya mereka bisa berinteraksi kembali walau masih terbatas sesama bekas pasien RSJ. Oleh instruktur dari YAKKUM diajak bernyanyi dan menggerakkan beberapa anggota tubuh. Cara ini agar peserta bergembira dan melatih daya ingat sesuai perintah instruktur. Disamping itu kami juga memberikan obat bagi peserta yang masih membutuhkan, agar mempercepat penyembuhan. Kata selanjutnya kepada reporter.

Orang Dengan Disabilitas Psikososial, ini sebutan untuk orang yang mengalami gangguan kejiwaan sering menjadi masalah sosial. Tanpa campurtangan pemerintah akan menjadi masalah besar. Karena itu tadi pagi (21/6/2022) YAKKUM mengadakan kegiatan di Distinasi Wisata Telaga Jonge, yang dihadiri Kepala Dinkes Gununglidul, Dewi Irawaty, Kamituo dari Desa Mulo dan Karangrejek, serta warga binaan dan membahas, kelompok Swabantu orang dengan Disabilitas Psikososial terkait pengelolaan diri dan melatih komunikasi dan Advokasi Kesehatan Jiwa.

Dalam acara itu juga ditampilkan Purwanti dari desa Karangrejek sebagai contoh salah seorang yang diberi pendampingan berhasil sembuh, bisa bekerja dan diterima masyarakat setelah menjalani pembinaan dari tahun 2017.

Rep: Sumarja Sumawiyana




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Developed by Jasa Pembuatan Website Jogja