Iklan

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Flickr Feed

Img 20200511 Wa0122

Upaya Pengembalian Pendapatan Keluarga Ditengah Hilangnya Lahan Kerja

149
Spread the love

SuaraDjogja.com – Upaya pengembalian pendapatan keluarga yang dilakukan oleh salah satu warga Pacarejo Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul, bisa dikatakan berhasil. Seperti yang dilakukan
Mbah Min yang sebelumnya pekerja serabutan yang kehilangan mata pencaharian karena dampak dari pandemi virus corona, sekarang kembali berupaya mencari sumber penghasilan lain yakni mencari kayu scang untuk di jual ke pengusaha herbal atau wedang uwuh.
Menurutnya kayu scang tersebut didapat dari pinggir – pinggir ladang warga yang biasanya ditanam untuk pagar ladang atau batas area lahan pribadi, melalui ijin si pemilik terlebih dahulu.

“Kayu scang yang sudah saya ambil, saya potong dengan panjang 50 centi meter lalu dibuang kulitnya. Kemudian saya tawarkan dengan dua pilihan yaitu bentuk batangan atau yang sudah berbentuk tatal (diserut),” paparnya kepada media. (11/05/2020)

Dengan demikian dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarga Mbah Min ini bisa teratasi, ditengah kondisi ekonomi akibat covid-19 yang sedang merambah dimana – mana.
“Pemesan kayu Scang ada yang dari luar daerah sebulan yang lalu saya antar ke Klaten, Jawatengah, 8 kwintal. Per kilo gram saya jual 15 Ribu rupiah, sampai 25 Ribu rupiah, tergantung kwalitas kayunya,” tuturnya.

Kayu scang sudah dipercaya sejak turun temurun sebagai herbal yaitu untuk kebugaran tubuh bila disedu atau direbus dengan kayu manis, jahe, serai, jeruk nipis dan di tambah pemanis atau gula. Biasanya air seduhah tersebut berwarna ungu kemerah – merahan, dan bila di minum akan terasa lebih nikmat dari wedang jahe biasa.

SDJ~(Spd)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Developed by Jasa Pembuatan Website Jogja