Iklan

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Flickr Feed

Taman Jamu Jambe Bukti Keseriusan Dalam Melestarikan Warisan Adiluhung

396
Spread the love

SuaraDjogja.com, Gunungkidul – Jamu sebagai warisan Adi luhung para nenek moyang di Nusantara terus di kembangkan di Gunungkidul.

Adalah seorang Totok Murwasito SE Kasi Kesejahteraan Desa Semin, dan juga sebagai Ketua GERBANG DESA Paguyuban Kasi Kesejahteraan Kabupaten Gunungkidul.

Totok menceritakan awal berdirinya taman Jamu Jambe di sela menerima kunjungan study banding kecamatan Gandusari kabupaten Trenggalek Minggu (15/09/09). Taman Jamu Jambe inisiasi dirinya bersama dengan KWT (kelompok Wanita Tani) MAYANG SARI Dusun Jambe, Desa Semin dengan melakukan pemanfaatan pekarangan lahan sempit.

“Kita, kelompok wanita tani menginisiasi pengolahan lahan tidur di pekarangan rumah, setelah itu di adakan lomba taman Jamu herbal hijau tahun 2018 yang jumlah pesertanya sebanyak 176, Alhamdulillah KWT Mayangsari masuk dalam 12 besar, dan Alhamdulillah lagi KWT Mayangsari mendapatkan juara 2,” Totok bercerita.

Totok juga menambahkan dengan prestasi KWT Mayangsari akhirnya desa menginisiasi Taman Jamu Jambe menjadi Taman Jamu Edukasi dengan memanfaatkan tanaman tuga.

Ia juga mengatakan Taman Jamu Jambe juga membuat prodak jamu kemasan seperti, kunir asam, temulawak dan beberapa jenis jamu lainnya.

Berjalannya waktu, Taman Jamu Jambe tidak hanya sebagai Taman Jamu herbal semata, namun juga menjadi banyak percontohan daerah lain di luar Gunungkidul.

“Seperti hari ini kami mendapat kunjungan isntansi kecamatan Gandusari kabupaten Trenggalek, sebelumnya juga banyak kunjungan dari luar Gunungkidul mas, seperti dari Cirebon, tempat kami juga sering di pakai buat rapat-rapat instansi pemerintahan,” katanya.

Totok berharap kedepannya taman Jamu Jambe tidak hanya bermanfaat bagi warga masyarakat Dusun Jambe saja namun bisa memberikan manfaat kepada masyarakat luas dan yang terpenting melestarikan tanaman herbal. (WAP)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Developed by Jasa Pembuatan Website Jogja