Iklan

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Flickr Feed

Img 20221103 Wa0038

Semar Sembogo Datangi DPRD DIY Tolak Rekomendasi APDESI, Masa Jabatan Perangkat Desa Disamakan Dengan Kepala Desa

226
Spread the love

Yogyakarta, Suaradjogja.com — Paguyuban dukuh se D.I Yogyakarta datangi DPRD DIY menolak masa jabatannya yang direkomendasikan oleh asosiasi pemerintah desa seluruh Indonesia, yaitu masa jabatan perangkat desa disamakan dengan kepala desa/lurah. Paguyuban yang bernama Semar Sembogo diketuai oleh Sukirman Hadi Wijoyo.

Para dukuh tersebut audensi menyampaikan aspirasinya kepada ketua DPRD DIY Nuryadi, pada Kamis (03/11/2022), agar disampaikan ke pusat yakni mekanisme pengisian jabatan perangkat desa tetap mengacu pada UU Nomor 6 Tahun 2014, tentang Desa.

Diketahui para peserta audensi yang berjumlah ratusan dukuh tersebut diantaranya ada yang membawa spanduk bertuliskan tolak masa jabatan dukuh disamakan dengan kepala desa.

 

Disampaikan oleh ketua paguyuban dukuh DIY jika penolakan tersebut berawal dari APDESI (Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia) yang merekomendasikan agar jabatan dukuh disamakan dengan kepala desa.

“Jika masa jabatan kepala desa berakhir, maka masa jabatan perangkat desa termasuk dukuh juga ikut,” kata ketua paguyuban dukuh se DIY Sukirman Hadi Wijoyo.

Beberapa sepanduk yang dibentangkan semua ditujukan kepada Mendagri, meminta agar tidak merespon rekomendasi dari APDESI, diantaranya ada yang bertuliskan tolak rekomendasi paguyuban kepada desa seluruh Indonesia (APDESI) dengan maksud rekomendasi yang telah disampaikan ke mendagri, yaitu mekanisme jabatan perangkat desa disamakan dengan jabatan kepala desa.

Dukuh Sendangsari, Dlingo, Bantul, Suyadi, kepada awak media menyampaikan jika dirinya juga turut hadir maksud dan tujuannya memperjuangkan nasib para dukuh baik yang menjabat saat ini atau masa yang akan datang.

“Semoga perjuangan kami akan membuahkan hasil yang nantinya tidak memberatkan para dukuh se Indonesia,” harapnya.

(Redaksi)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Developed by Jasa Pembuatan Website Jogja