Iklan

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Flickr Feed

Launching Buku Yakkum 2 768x576

Peringati Hari Disabilitas Internasional, Pusat Rehabilitas YAKKUM Luncurkan Buku

64
Spread the love

Gunungkidul, SuaraDjogja.com — Pusat Rehabilitasi YAKKUM (PRY) resmi luncurkan Buku Panduan Orang dengan Disabilitas Psikososial (ODDP) dan Panduan Pendamping dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional tahun 2021 pada Selasa (07/12/2021).

Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, PRY juga menyelenggarakan Pelatihan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat (Community Mental Health Nursing/CMHN) dengan mengangkat tema “Peningkatan Literasi Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Peningkatan Layanan Kesehatan Jiwa di Puskesmas.”

Launching Buku Pendamping dalam Rangka Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2021

“Harapannya melalui Hari Disabilitas Internasional 2021, ODDP bisa menjadi pemimpin dan orang terpilih di masyarakatnya. Kami sangat berterima kasih pada para penulis dan Dinas Kesehatan yang sangat mendukung kegiatan-kegiatan pendampingan ODDP. Buku ini harapannya bisa digunakan oleh semua yang bergerak di isu kesehatan jiwa, disabilitas dan masyarakat dalam memberikan layanan ke ODDP atau ODGJ,” jelas Manajer Proyek Kesehatan Jiwa Berbasis Masyarakat Pusat Rehabilitasi YAKKUM, Siswaningtyas.

Diketahui sejak tahun 2017, sebagai lembaga non pemerintah PRY yang bergerak pada isu pemberdayaan kesehatan jiwa berbasis masyarakat tengah mendorong terwujudnya peningkatan kualitas hidup, produktivitas dan perekonomian orang dengan disabilitas psikososial yang berada di tiga wilayah yaitu Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Gunungkidul.

Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul dalam review Rencana Aksi Daerah menemukan masih perlunya peningkatan pemahaman tenaga kesehatan tentang kesehatan jiwa dan penanganan ODDP, khususnya di Gunungkidul.

“Selamat untuk launching bukunya yang bisa menjadi pedoman untuk mengelola masyarakat dengan gangguan psikososial. Terima kasih Pusat Rehabilitasi YAKKUM yang selama ini telah mendampingi Gunungkidul. Semoga kerja sama terus berlanjut dan kita berharap mendapatkan hasil yang terbaik,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul dr. Dewi Irawaty, M.Kes.

Melalui buku tersebut, diharapkan masyarakat dapat mengenali gejala, proses pemulihan, obat dan pencarian bantuan untuk ODDP.

(Redaksi)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Developed by Jasa Pembuatan Website Jogja