Iklan

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Flickr Feed

Img 20210509 Wa0115

Pencuri Pohon Jenis Sono Brit Di Kawasan Hutan Giring, Berhasil Diamankan Polisi

712
Spread the love

 

Gunungkidul, Suaradjogja.com — Pada hari Sabtu tanggal 08 Mei 2021 sekira pukul 19.00 WIB Pelapor yakni Samido (55) merupakan mantri KRPH Giring, bersama saksi-saksi melaksanakan patroli hutan di wilayah hukumnya.

Kemudian sekira pukul 21.00 WIB mendengar suara gergaji, selanjutnya Samido, bersama saksi-saksi mendekat ke sumber suara untuk memastikannya, dan ternyata benar ada pelaku yang menebang pohon.

Mengetahui kejadian tersebut seketika itu Samido dan saksi menunggu hingga potongan tersebut di muat di dalam mobil. Kemudian sekira pukul 01.00 WIB datang kendaraan jenis pick up mendekat ke lokasi penebangan, dan terlihat dari tempat pengintaian petugas kehutanan pelaku sedang memuat potongan kayu ke dalam mobil.

Setelah memuat satu poptong kayu, kemudian Samido bersama saksi lain mendekat untuk menyergap pelaku, namun karena ketahuan petugas kemudian para pelaku masuk ke dalam mobil dan berusaha melarikan diri hingga mobil yang di gunakan oleh pelaku terperosok di ladang berbatu. Selanjutnya pelaku melarikan diri dengan meninggalkan mobil yang ditumpangi.

“Pada saat akan di lakukan penangkapan, pelaku melarikan diri di perkirakan berjumlah lebih dari 2 (dua) orang. Situasi di TKP gelap, sehingga petugas kesulitan untuk mengenali pelaku”, jelas Samido KRPH Giring.

Img 20210509 Wa0114

Img 20210509 Wa0117

Foto Humas Polres Gk

Berdasarkan laporan tersebut unit Reskrim Polsek Paliyan dan piket fungsi melakukan penyelidikan dan penyisiran di sekitar TKP dikarenakan informasi dari pelapor melarikan diri tanpa menggunakan kendaraan, kemudian pada hari Minggu tanggal 09 Mei 2021 sekira pukul 06.30 wib unit Reskrim Polsek Paliyan mendapat informasi dari warga dusun Pampang, Paliyan, ada seseorang mencurigakan, kemudian Reskrim Polsek Paliyan dan piket ke dusun Pampang dan kemudian melakukan interogasi orang tersebut mengaku bernama YNT, (32) laki laki yang beralamat Wediutah Ngeposari Semanu Gunungkidul, dan mengakui telah melakukan menebang kayu sono dihutan giring bersama dua orang rekanya HR dan NN yang juga telah melarikan diri namun menurutnya tidak mengetahui arah larinya kemana.

Atas kejadian tersebut kemudian pelaku dibawa ke Polsek Paliyan untuk proses lebih lanjut untuk kepentingan dalam penyelidikan.

Berdasarkan release humas Polres Gunungkidul, Polisi telah menyita beberapa barang bukti yakni,
1(satu) unit Kbm. Daihatsu Grandmax warna putih nopol AB-8694-DU, 2 (dua) buah gergaji drenges, 6 (enam) potong kayu sono brit, dan 1 (satu) lembar terpal warna biru.

(Rep/Fitree)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Developed by Jasa Pembuatan Website Jogja