Iklan

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Flickr Feed

Img 20220221 Wa0005

Penamatan Perguruan Silat Harmoni di Muna Sulawesi Tenggara Diikuti Peserta Dua Agama

88
Spread the love

Sulawesi Tenggara, Suaradjogja.com— Berdasarkan release yang disampaikan oleh La Jas (kontributor) bahwa pada tanggal 10 Februari 2022, telah dilakukan kegiatan Penamatan Perguruan Silat dengan konsep harmoni peserta dari dua agama yakni Islam dan Kristen.

Disebutkan bahwa Ketua Dewan Pembina Yayasan Limhar Adab Nasional Jadusin ,S.Sos SIP MSi menyampaikan, penamatan murid perguruan silat dengan konsep harmoni peserta dua agama yakni Islam Kristen pada Yayasan Limhar adab nasional (YaLhan). Yayasan ini telah ada dan aktif sejak tahun 2014 silam namun SK Menkumham baru selesai tahun 2020 dengan Nomor AHu.0016661 AH.01.04 tahun 2020.

Img 20220221 Wa0004

Diketahui yayasan silat ini telah menamatkan total 72 orang termasuk hari ini tanggal 10 Februari 2022 yang berjumlah 23 orang dengan rincian murid Islam 14 orang dan murid Kristen 9 orang, serta pengurus dari gabungan silat tradisional dengan silat modern. Proses penamatan tidak mengenal sistem naik tingkat tetapi dinyatakan tamat setelah murid menguasai semua jurus yang ada pada perguruan ini, dengan waktu rata-rata tiga tahun.

Dijelaskan, murid yang ikut dalam penamatan ini berusia 14 sampai 33 tahun. Dengan kegiatan ini para murid bisa belajar bela diri silat dengan terus menjaga kohesi sosial di antara sesama murid yang berbeda agama sebagai wujud keberkahan perekat sosial, kedamaian baik di dalam perguruan maupaun di tengah masyarakat.

Selain silat, murid juga diberi materi tambahan yakni materi akhlak, bahasa inggris dasar, teori motivasi, konsep harmoni sosial, dan teori bisnis dasar serta konsep peternakan sapi dan ayam yang dilakukan satu kali pertemuan dalam sebulan agar murid mampu menghadapi tantangan era global.

Hadir dalam kegiatan ini, ketua umum Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Muna sekaligus sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara, Fajaruddin wunanto ST MSi, Ketua pelatih silat Yayasan Limhar adab nasional/ Mahaguru yakni bapak La Harungku, Camat Tongkuno yakni Drs Laode Busi, Danramil Tongkuno Kapten Inf Haeruddin, perwakilan Polsek Tongkuno Kabupaten Muna serta unsur masyarakat Desa OenokandoLi, tokoh pemuda, tokoh adat, tokoh perempuan, serta mantan atlet silat Kabupaten Muna.

Dalam sambutannya ketua IPSI Muna bangga dan akan memberikan atensi serta proteksi.

Kontributor: La Jas.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Developed by Jasa Pembuatan Website Jogja