Iklan

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Flickr Feed

Img 20221016 193149

Paus Pilot Sirip Pendek Panjang 3 Meter Terdampar Di Tanjung Adikarto, Karangwuni, Wates, Kulonprogo

154
Spread the love

Kulonprogo, Suaradjogja.com — Sabtu siang 16 Oktober 2022, sekitar pukul 10.40 WIB Anggota Piket Markas Unit Congot menerima informasi dari pemancing. Informasi dari pemancing kali ini berbeda seperti biasanya. Bukan laka laut atau kejadian beresiko tinggi, tetapi seekor Paus Pilot Sirip Pendek yang terdampar di kawasan Pemecah Gelombang Tanjung Adikarto, Karangwuni, Wates, Kulon Progo.

Merespon hal tersebut, Piket Markas Unit Congot mendatangi TKP bersama SAR Satlinmas Wil Ops V Kulon Progo, dan Babin Potensi Marinir dari Posmat TNI AL.

Img 20221016 193210

Didapati kondisi ikan dengan panjang kurang lebih 3 meter tersebut terluka di perut dan sebuah duri menancap di perutnya. Segera dengan kehati-hatian duri tersebut ditarik keluar. Kemudian mamalia laut ini didorong perlahan ke laut melalui muara Kali Serang.

Akhirnya ikan yang dalam bahasa Inggrisnya Short-finned Pilot Whale ini berhasil kembali ‘melaut’.

Dari penelusuran admin di wikipedia, ikan yang dalam bahasa Latinnya Globicephala macrorhynchus ini berada hampir di semua lautan di dunia. Habitatnya pun relatif jauh dari pantai dan jarang bersentuhan dengan kawasan yang digunakan manusia.

Kepada masyarakat luas, jangan ragu untuk melaporkan temuan fauna atau satwa laut yang terdampar kepada petugas kami di kawasan pantai, atau kepada otoritas lain seperti SAR Satlinmas, Pos TNI AL, maupun kepolisian setempat. Semoga kita dapat berbuat untuk menyelamatkan satwa*

Kabar tersebut telah dipublikasinan oleh Humas Polda D.I. Yogyakarta melalui akun resmi, miliknya.

(Rep/Supadiyono)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Developed by Jasa Pembuatan Website Jogja