Iklan

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Flickr Feed

Img 20191205 Wa0018

Pasar Ekologi Argo Wijil Potensi Desa Yang Tak Terbantahkan

896
Spread the love

SuaraDjogja.com – Jogja bukan hanya budayanya saja yang istimewa, namun istimewa dalam segala hal, manusianya, alamnya bahkan kulinernya.

Img 20191205 Wa0019

Gunungkidul salah satu Kabupaten yang masuk dalam Kabupaten keistimewaan Yogyakarta juga memiliki keistimewaan tersendiri, salah satunya pasar ekologi Argo Wijil, yang bertempat di Dusun Gari, Desa Gari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul.

Pada awalnya pasar ekologi Argo Wijil ini bekas galian tambang yang tak terurus, atas prakarsa kementrian lingkungan hidup di sulaplah bekas galian tambang tadi menjadi pasar ekologi Argo Wijil.

Yang menjadi keistimewaan pasar ekologi Argo Wijil ini kita di manjakan makanan khas tradisional Gunungkidul, selain itu pasar ekologi Argo Wijil ini mendaur ulang sendiri limbah pasar dan di jadikan kompos yang dapat mendatangkan nilai lebih tersendiri.

Tolabi atau sering di sapa Tolib ketua paguyuban pedagang pasar Argo Wijil menceritakan sejarah berdirinya Argo Wijil saat di temui wartawan Rabu (04/12/19).

Tolib yang juga berdagang gudeg di pasar Argo Wijil ini mengatakan pasar ekologi Argo Wijil yang di kelola oleh BUMdes ini sudah menjadi tujuan wisata kuliner bagi wisatawan yang mampir ke Gunungkidul.

“Saat ini pasar di kelola BUMdes Desa Gari, dan pasar ekologi Argo Wijil memiliki dua los, dari penamaan los ini pun mengandung filosopi, los Joho (joyoneng Kahono) dan los pule (pusate lelaku),” ungkap Tolib.
(WAP)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Developed by Jasa Pembuatan Website Jogja