Iklan

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Flickr Feed

Img 20220424 Wa0074

Para Perupa Demo Damai di Sekitar Patung Kendang

112
Spread the love

Gunungkidul, Suaradjogja.com — Masalah icon patung kendang, yang terletak di budaran Siyono, Playen, Gunungkidul, makin menghangat. Mulanya hanya dari penggiat media sosial yang menyuarakan keberatan untuk dibongkar, sore ini (24/4) , beberapa perupa berdemo di sekitaran bundaran.

Demonya terlihat damai, pengguna jalan yang melintas mungkin tidak tahu kalau ada demo. Enam perupa dengan gayanya masing-masing, melukis di atas kanvas untuk menyuarakan rasa prihatin kalau patung kendang tetap dirobohkan.

“Para perupa merasa tergugah dan prehatin dengan proyek Pemda Gunungkidul yang akan mengganti patung yang sudah mewakili budaya adi luhung akan diganti patung tobong.”kata Stefanus Sujoko, penanggunjawab demo.

Img 20220424 Wa0076

Rata-rata keenam perupa ketika ditanya apa tujuan demo, menjelaskan bahwa akan dirobohkanya karya seni yang bisa mewakili seni budaya dan diganti patung tobong sangat menyakiti para pekerja seni di Gunungkidul.

Ketika ditanya media Suaradjogja.com, bagaimana kalau proyek ini tetap berjalan, patung kendang dirobohkan dan diganti dengan patung tobong?
“Kami punya tim yang bisa mengupas dana APBD, biarkan mereka nanti yang akan menghadapi.” Kata Stefanus Sujoko.

Setelah selasai keenam perupa melukis, hasil lukisannya ditata menempel pagar bundaran patung kendang. Di antara lukisan ada yang menggambarkan tangan yang sangat kokoh menekan tiang patung kendang hingga mau roboh tapi ada yang mencoba menahan supaya tetap berdiri, kata pelukisnya itu simbul rakyat kecil yang konsisten terhadap seni dan budaya.

reporter : Sumarja Somawiyana




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Developed by Jasa Pembuatan Website Jogja