Iklan

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Flickr Feed

Img 20211114 Wa0037

PAM Acara Rutin Tahunan Nguras Sendang Selirang Kotagede Oleh FKPM Paksikaton Bantul

105
Spread the love

Bantul, SuaraDjogj.acom, – Tradisi Nguras Sendang Selirang di area Makam Kotagede adalah ritual rutin tahunan yang di gelar oleh para abdi dalem penjaga kompleks Makam Kotagede, ritual tersebut bertujuan membersihkan sendang yang terletak di Kompleks Makam Raja Raja Mataram Kotagede, untuk tahun ini ritual nguras sendang di gelar secara sederhana pada Minggu (14-11-2021) pagi, karena masih di massa pandemi acara di batasi sesuai aturan PPKM.

Prosesi acara di mulai sekira Pukul 09.00 WIB dengan di hadiri oleh para Abdi Dalem Solo dan Jogjakarta serta perwakilan dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, perwakilan dari Polsek Banguntapan, Danramil Banguntapan, Lurah Jagalan dan juga perwakilan dari jaga warga.

Dalam keterangannya saat di konfirmasi awak media, Hermawan Noor Widyantomo selaku Sekretaris 2 FKPM Paksikaton Bantul menjelaskan jika acara tersebut di mulai dengan sambutan, untuk sambutan yang pertama oleh Abdi Dalem Juru Kunci RT. Pujodipuro kemudian di lanjut sambutan dari perwakilan Dinas yakni Beni selaku Kabid Adat dan Tradisi Dinas Kebudayaan Bantul.

Beni menyampaikan jika kegiatan ini merupakan tradisi atau adat istiadat turun temurun yang harus di lestarikan, karena tradisi ini juga merupakan bagian dari budaya tradisional yang merupakan pondasi kokoh persatuan bangsa dan negara, terakhir sambutan disampaikan oleh Lurah Jagalan selaku tuan rumah.

Acara di lanjut dengan prosesi penyerahan Siwur dan Genthong kepada Abdi Dalem dengan di lanjut arak arakan menuju sendang selirag, dan secara simbolis pengurasan oleh Abdi Dalem Solo juga Jogjakarta.

Disampaikan pula oleh Hermawan jika ormas FKPM Paksikaton selalu siap menjaga serta mengawal kegiatan adat istiadat maupun seni budaya karena FKPM Paksikaton sudah resmi di kukuhkan sebagai ormas PAM Budaya di Jogjakarta.

Img 20211114 Wa0039

Acara berlangsung dengan lancar dan tetap mengedepankan protokol kesehatan karena pandemi covid ini tidak boleh di sepelekan, karena jika kita lengah maka ancaman penyebaran virus covid 19 sangat membahayakan, acara berakhir pada Pukul 11.00 WIB dan para peserta membubarkan diri dengan tertib.
(Rep/Zudan Y)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Developed by Jasa Pembuatan Website Jogja