Iklan

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Flickr Feed

Mengangkat Kearifan Lokal Dengan Wayang Kulit

202
Spread the love

SuaraDjogja.com – Budaya adalah senjata dalam memanusiakan manusia, sehingga karna budaya lah manusia bisa di hargai dan di hormati oleh manusia lainnya.

Bagi masyarakat Jawa khusunya Gunungkidul, budaya wayang kulit adalah sebuah media untuk menyelaraskan kembali kehidupan bermasyarakat dan juga dari pelestarian wayang kulit nilai-nilai kearifan lokal bisa terangkat kembali.

Kolonel Inf. Dr H.Tugiman SH. MSi mengatakan hal tersebut saat di temui awak media di sela-sela gelar budaya pegelaran wayang kulit di kediaman Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat DR. Yanto SH.MH di Dusun Pandanan, Desa Sumberejo, Kecamatan Semin Jumat malam (20/09/19).

Tugiman mengatakan wayang kulit bagian dari kearifan lokal yang penuh filosofi baik dalam kontek bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, bahkan berkeagamaan, ia menbahkan dalam era globalisasi ini wayang kulit harus lebih tampil ke permukaan sehingga masyarakat Jawa khusunya dapat memegang karakter dan budayanya.

“Salah satunya cara mempertahankan kultur mengangkat kearifan lokal salah satunya dengan wayang kulit ini, Karna wayang kulit mengandung filosofis yang luar biasa dalam kehidupan, apakah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara bahkan berkeagamaan,” katanya.

Saat di singgung mengenai pembangunan di Gunungkidul, Kandidat bakal calon bupati Gunungkidul 2020 ini mengatakan dirinya tidak memungkiri bahwa bupati saat ini telah meletakkan pondasi yang sangat kuat namun perlu adanya percepatan dalam melakukan pembangunan di Gunungkidul.

“Saya melihat bupati sekarang sudah melatakkan kerangaka dasar yang bagus, tapi menurut saya butuh percepatan dalam kontek lebih meningkatkan pencapaian kesejahteraan masyarakat menjadi prioritas, sehingga dalam aspek-aspek persoalan seperti ekonomi, air dan juga pariwisata itu harus di kemas sedemikian rupa guna melakukan percepatan, sehingga potensi yang ada bisa di berdayakan semaksimal mungkin untuk kemajuan Gunungkidul,” ungkapnya.

Kolonel Inf Dr. H Tugiman SH MSi yang akan berkompetisi di ajang pilkada bupati Gunungkidul 2020 ini mengatakan masih melihat perkembangan dinamika perpolitikan Gunungkidul.

“Saya masih tetap melihat dinamika politik, bila ada suara masyarakat menginginkan saya, Alhamdulillah saya rasa itu hal yang positif, yang pasti Gunungkidul harus memiliki pemimpin yang mampu melakukan percepatan pembangunan,” ungkapnya.
(WAP)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Developed by Jasa Pembuatan Website Jogja