Iklan

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Flickr Feed

Img 20220818 Wa0020

Malam Tirakatan Penuh Makna dan Semarak Gebyar Ingkung 77 di Jodog

311
Spread the love

Bantul, Suaradjogja.com — Memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia RI ke-77 diisi dengan semarak keindahan kegiatan di semua wilayah tanah air, seperti kegiatan di Dusun Jodog Rt. 05, Gilangharjo, Pandak, Bantul dengan memupuk kebersamaan dengan segala perbedaan.

Img 20220818 Wa0021

Kegiatan malam tirakatan dilaksanakan Selasa, (16/8/2022) di Jodog Rt. 05. Dihadiri institusi terkait dan pejabat pemerintah. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan mengheningkan cipta berdoa bersama, Padamu negeri dan Hari Merdeka 17 Agustus. Dan doa dilaksanakan oleh Kyai Muhtadin yang merupakan sesepuh warga.

Malam tirakatan salah satu kegiatan bisa dibilang rutin setiap tahunnya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, kali ini sangat meriah dan penuh makna berbeda pelaksanaan pada tahun sebelumnya sangat Indah semarak dengan melestarikan juga masakan khasnya yaitu menggelar masakan Ingkung dan kelengkapannya berjumlah 77 ingkung sesuai Acara HUT RI ke-77.

Img 20220818 Wa0018

Warga masyarakat terlihat antusias dan semangat karena selama dua tahun tidak bisa melakukan kegiatan menyambut Hari kemerdekaan dikarenakan Pandemi covit 19. Kostum yang dikenakan warga bernuansa hari kemerdekaan baju putih dihiasi bendera berbentuk bunga berwarna merah putih sebagai pin, berhijab merah dan mengenakan pakaian bawahan berwarna hitam. Malam tirakatan dimeriahkan pula dengan tari-tarian sebagai selingan acara sekaligus hiburan dibawakan oleh putri mbak Fitri dan mas Maman warga setempat.

Wahyu kanjeng mami atau biasa dipanggil mbak Tiwuk panggilan akrabnya dengan penuh semangat jiwa patriot dalam memimpin lantunan lagu-lagu kemerdekaan sebagai pembukaan kegiatan malam tirakatan, saat kontributor Suara Djogja merilisnya.

Purwanto setyawan selaku Ketua RT. 05 menuturkan “bahwa tema tirakatan pada tahun ini yaitu memupuk kebersamaan dengan segala perbedaan, Ingkung berjumlah 77 di peroleh dari swasembada warga dan dari donatur.

Sekda Kabupaten Bantul menyampaikan bahwa, tirakatan dalam menyambut HUT kemerdekaan merupakan perenungan spiritual mengenang jasa para pahlawan kemerdekaan khususnya dan harus bersikap greget golong gilig lan nyawiji. Bersemangat bangkit dan berkarya serta menyampaikan bahwa indonesia bisa pulih lebih
cepat bangkit lebih kuat.

Lurah Gilangharjo Pardiono menambahkan bahwa, Gilangharjo merupakan Desa Budaya, Desa prima desa Trailer Desa Pariwisata dan desa Mandiri budaya.

Acara diakhiri dengan nyanyi dan bergoyang bersama oleh Warga dengan penuh suka cita dan penuh keakraban. Pekik, Merdeka … Merdeka … Merdeka.

(Kontributor: Agus Edo)


TAG


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Developed by Jasa Pembuatan Website Jogja