Iklan

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Flickr Feed

Img 20221012 222216

Lukisan Hasil Karya S.Bono (Alm) Dikoleksi Hingga Manca Negara

123
Spread the love

Gunungkidul, Suaradjogja.com — Setelah tiga hari dibuka di Sanggar Kayuangin bertempat di Sumbermulyo rt04/rw03, Kepek, Wonosari, Gunungkidul, pameran tunggal Intan S Bono (alm) ┬áhari, Rabu (12/10/2022) ditutup.

Pada umumnya sebuah pameran lukisan diselenggarakan saat pelukisnya masih hidup tapi kali ini agak lain, pelukisnya sudah tutup usia 9 tahun yang lalu.

Lalu menariknya di mana? Yang belum mengenal pelukis Intan GS Bono pasti bertanya seperti itu. Mungkin beliau adalah satu-satunya pelukis Gunungkidul yang dengan segala keterbatasanya, mampu menghasilkan karya yang sangat istimewa, hingga karyanya banyak dikoleksi sampai mancanegara.

Lahir dengan keterbatasan fisik, tinggi hanya 60 cm, dari orangtua yang sangat miskin, tidak pernah mengenal sekolah. Belajar membaca dari hapalan huruf-huruf yang ada di gambar tokoh wayang waktu itu.

Proses kreatifnya terbentuk saat usia masih 3 tahun, sering menggambar di atas daun pisang atau kertas bekas bungkus teh. Benar-benar pembelajar otodidak yang super.

Saat ada KKN di desa Playen, tempat lahir Bono, baru bakat Bono mendapat perhatian dan bantuan hingga bisa berkembang. Dari menjual kartu ucapan Hari Raya Lebaran atau Kartu Natal, yang saat itu memang lagi ngetren. Dan membuat sanggar lukis.

Lahir dengan nama asli Subono, hingga menjadi nama Intan GS Bono karena merasa tidak pernah mendapat bimbingan dari guru. Intan G adalah singkatan dari Indahnya tanpa Guru.

Untuk mengenang kegigihan Bono, teman seperjuangan yang ada di Sanggar Kayuangin, dibuatkan pameran tunggal yang bertajuk, “Ndang Tumandang”

Img 20221012 Wa0052

“Pameran ini untuk membangkitkan semangat melukis generasi sekarang dan akan dibuat kalender tetap acara tahunan.” Kata Iba Ibok, salah satu panitia penyelenggara kepada media Suaradjogja.com.

(RED/Sumarja Somawiyono)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Developed by Jasa Pembuatan Website Jogja