Iklan

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Flickr Feed

Img 20220218 Wa0005

KKP Terbitkan Aturan Melarang Ekspor Benih Lobster

51
Spread the love

Suaradjogja.com– Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono resmi melarang ekspor benih lobster. Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 17 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Lobster (Panulirus spp), Kepiting (Scylla spp), dan Rajungan (Portunus spp) di Wilayah NKRI. “Peraturan Menteri (Permen) ini sudah mendapat nomor Berita Negara, sehingga secara resmi bisa saya umumkan kehadirannya, di mana salah satu isinya dengan tegas melarang Ekspor Benih Bening Lobster,” tulis Trenggono dalam akun twitter resminya @saktitrenggono, Kamis (17/6). Ia mengaku, aturan tersebut merupakan salah satu wujud dari janjinya usai dilantik menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan pada Desember 2020 lalu. Saat itu, ia menegaskan bahwa benih lobster sebagai salah satu kekayaan laut Indonesia harus untuk pembudidayaan di wilayah NKRI.

Beda dengan Edhy Prabowo, Menteri KKP Trenggono Masih Kaji Cantrang Agar Lobster Bermanfaat untuk Negeri “Untuk pembudidayaan wajib dilakukan di wilayah provinsi yang sama dengan lokasi penangkapan benih bening lobster,” kata dia. Untuk memudahkan dalam implementasi aturan baru ini, Kementerian KKP tengah menyusun petunjuk-petunjuk teknis yang saat ini sedang dalam proses finalisasi. Selanjutnya, akan dilakukan sosialisasi, pembinaan, dan pengawasan secara berkala kepada pemerintah daerah Provinsi, Kabupaten/Kota dan nelayan, untuk menyampaikan regulasi dalam pengelolaan benih lobster. Melalui aturan baru tersebut, Trenggono berharap semua pemangku kepentingan yang terlibat dengan benih lobster bisa menjadi sejahtera dalam mengelola kekayaan laut berbasis ekonomi biru. “Mari bersama kita kawal implementasi dari aturan ini di lapangan nantinya,” pungkas Trenggono.

Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul “KKP Terbitkan Aturan Melarang Ekspor Benih Lobster” , https://katadata.co.id/pingitaria/berita/60cc24d661bcb/kkp-terbitkan-aturan-melarang-ekspor-benih-lobster
Penulis: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Developed by Jasa Pembuatan Website Jogja