Iklan

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Flickr Feed

Dsc00224

Kehidupan Sosial Dan Alam Menjadi Edukasi Bagi Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19

174
Spread the love

 

Yogyakarta, Anak usia dini secara otomatis menyerap sisitem edukasi dari lingkungan masing-masing, baik prilaku orang dekat ataupun sosial dan alam sekitar. Hal demikian dikarenakan sistem belajar dari rumah yang selama ini dicanangkan, sehingga anak usia dini tersebut dapat mengadopsi hal-hal yang tersaji di kehidupan sosial yang mereka tinggal atau alam dilingkungan masing-masing.

Reporter suaradjogja.com mencoba melihat beberapa fakta dari kegiatan anak-anak di masa pandemi covid-19, di salah satu tempat tinggal sebuah keluarga di Gunungkidul, Yogyakarta.

Dari pantauan tim reporter terlihat beberapa anak sedang melakukan kegiatan belajar atau mengerjakan tugas dari sekolah melalui daring atau luring. Cara pengambilan tempat untuk mengerjakan tugas tersebut anak-anak bisa memilih tempat yang di anggab nyaman seperti melalui belajar bersama, atau mendatangi tempat-tempat yang menyediakan ruang untuk belajar.

Dari bangun pagi hingga menjelang tidur selama pandemi ini anak-anak sering memunculkan kreasi yang diambil dari beberapa sumber baik kehidupan sosial ataupun alam sekitar.

Pengambilan dari kehidupan sosial maupun dari lingkungan alam adalah seringnya anak-anak memunculkan kreasi bermain dengan tema berdagan atau bercocok tanam, bahkan ada juga yang bermain hewan-hewanan di alam terbuka atau di ladang.

Dari beberapa prilaku anak-anak tersebut bisa dikatakan bahwa covid-19 dimasa pandemi ini mampu memberi edukasi positif bagi anak-anak secara otomatis. Pasalnya selain mencanangkan saran dari orang tua mereka masing-masing mengenai protokol kesehatan, mereka juga mampu berkreasi dengan ide dan gagasan mereka sendiri.

Namun demikian perlu adanya pendampingan dari orang-orang terdekat agar kwalitas hasil yang diserap dari berbagai sumber tersebut memiliki kwalitas yang berbasis positif dan terarah.

(Red/Spd)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Developed by Jasa Pembuatan Website Jogja