Iklan

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Flickr Feed

Img 20201229 Wa0356

Guyub Rukun Warga Asli Kelurahan Kedungkeris, Nglipar, Se-Jabodetabek Bentuk Paguyuban

265
Spread the love

Gunungkidul, SuaraDjogja.com – Masyarakat perantau asal kelurahan Kedungkeris, Kapanewon Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, membentuk paguyuban yang mempersatukan Pedukuhan – pedukuhan di seluruh Kelurahan Kedungkeris.

Seiring perkembangan zaman, banyak yang merantau dengan
latar belakang dan profesi berbeda – beda, dari pekerjaan formal maupun informal, dan berbaur baik masih lajang ataupun sudah berkeluarga.

Menurut data terakhir yang dihimpun oleh penulis, warga kedungkeris berada di
Jabodetabek, berjumlah kurang lebih 175 KK.

Img 20201229 Wa0358

Didasari data tersebut mereka hidup diperantauan, dibutuhkan guyub rukun dengan lingkungan dimana saja mereka tinggal, karena di Jabodetabek, masyarakat harus berdampingan dengan masyarakat lain yang berbeda suku, agama, ras, budaya dan adat istiadat yang berbeda pula.

Mereka membaur saling tepo seliro, hormat – menghormati guyub rukun antara satu dan lainnya, tapi mereka kadang rindu akan masa lalu, rindu akan kampung halaman dari tanah kelahirannya.

Dari mereka merupakan kenangan tersendiri dan tidak akan pernah
terlupakan karena semua itu mewarnai masa hidup mereka. Adakalanya mereka berkumpul diperantaun dengan tema acara misalkan menghadiri arisan satu kampung yang sudah dibentuk menjadi paguyuban, Hajatan, atau acara-acara lainnya, sebagai wadah berkumpul kangen – kangenan.

Masyarakat perantau asal kedungkeris, berasal dari 7 Pedukuhan yaitu, (Pringsurat,
Kedungkertis, Sendowo lor, Sendowo Kidul, Kwarasan Tengah, Kwarasan Kulon dan
Kwarasan Etan) yang tersebar di Jabodetabek berinisiatif untuk membentuk Paguyuban untuk media bertemu dan guyub rukun di perantauan.

Didasari latar belakang tersebut diatas maka mereka berkumpul pada tanggal (31/03/2019), dirumah, Ali Sunarwan. Jln. Mandor H Sanim II, No.18, RT. 04, RW. 07 Kukusan, Beji, Depok. Dihadiri oleh perwakilan-perwakilan paguyuban dari pedukuhan – pedukuhan yang ada di kelurahan kedungkeris Se-Jabodetabek.

Adapun paguyuban di Kelurahan Kedungkeris yang sudah terbentuk diperantauan Se-Jabodetabek yaitu:
IKS : Ikatan Keluarga Besar Sendowo Lor dan kidul, IKK : Ikatan Keluarga Besar Kwarasan, IKBP: Ikatan Keluarga Besar Pringsurat.

Dari Peguyuban yang sudah ada maka digabungkanlah paguyuban – paguyuban tersebut dan diberi nama PAKKRIS : Paguyuban Keluarga Besar Kelurahan Kedungkeris Se-Jabodetabek.

Img 20201230 Wa0004

Untuk itu dibentuklah pengurusan Periode masa bakti 2019 – 2024. di Sekertariat : Jln. Mandor H Sanim II, No.18, RT. 04, RW. 07, Kukusan, Beji, Depok – 16425. Kontak Paguyuban : 081317560199 – 081210802615 – 08129548118, Facebook : Paguyuban Kel.Besar Kedungkeris (PAKKRIS).

Tujuan Paguyuban PAKKRIS Bertujuan :
1. Merupakan media silaturahmi dan komunikasi masyarakat Kedungkeris diperantauan Se-Jabodetabek dalam membangun kekeluargaan guyub rukun. (misalnya ada hajatan, sakit, ataupun meninggal).

2. Media Alur Waris atau paseduluran.

3. Media Temu kangen dulu pernah senasib dan seperjuangan dikampung.

4. Media Tukar menukar informasi dan berbagi ilmu pengetahuan serta berbagi pengalaman hidup diperantauan.

5. Menyamakan persepsi tetap ingat membangun kampung halaman walaupun hidup di perantauan.

6. Membangun ekonomi bersama anggota PAKKRIS dari oleh dan untuk Anggota sebagai tujuan jangka panjang (Bentuk koperasi, dan lain – lain).

7. Media Silaturahmi membahas tolong menolong untuk simpati dan empati sesama anggota paguyuban.

Adapun bentuk kegiatan paguyuban PAKKRIS Se-Jabodetabek sebagai berikut :

1. Forum silaturahmi anggota 3 bulan sekali, secara bergantian dari rumah anggota ke rumah anggota lain. Untuk menambah memper erat persaudaraan sesama anggota.

2. Membuat Program PAKKRIS Peduli :

A. DSB (Dompet Sodaqoh Barokah). Adalah, Suatu gerakan menghimpun dana dari anggota untuk Sodaqoh barokah, Santunan yatim piatu atau santunan janda anggota tidak mampu, untuk sumbangan fasos atau fasum di Kelurahan atau pedukuhan di wilayah Kedungkeris, Peringatan PHBI (Peringatan Hari – hari Besar Islam), Dan pengajian PAKKRIS Se-Jabodetabek.

B. Takziah PAKKRIS
Adalah, Suatu gerakan menghimpun dana diberikan kepada anggota yang meninggal. Sebagai rasa empati dan guyub rukun dalam suasana duka, yang akan dihimpun 6 hari dari saat almarhum/ alamarhumah meninggal, dan dana terkumpul akan diserahkan ke sohibul, musibah pada hari ke- 7 sebagai dana Takziah.

C. PAKKRIS Niliki
Adalah, menghimpun dana dari anggota apabila dari anggota sakit di opname di
Rumah sakit lebih dari 7 hari dan bendahara akan menghimpun dana dari anggota selama 6 Hari dan diserahkan pada hari ke- 7 setelah dihimpun kepada sohibul musibah.

3. Membentuk PBC (PAKKRIS Bulutangkis Club) Yaitu, Club Bulutangkis sebagai sarana olahraga untuk anggota Paguyuban Kelurahan Kedungkeris di Jabodetabek.

Berikut Pengurus Inti PAKKRIS Periode : 2019-2024 :

Pembina : Mayor Sunaryanto & H.Wawuwuh.

1. Ketua : Maryadi
Wakil Ketua : Ali Sunarwan, S.AB.

Sekretaris : Tupan Rahardjo.

Bendahara : Giyana & Wasirin.

Humas : Sumpeno, Marseno.

Demikian uraian narasi latar belakang dan tujuan didirikan paguyuban PAKKRIS, Semoga paguyuban ini bisa langgeng dan berkembang selamanya, untuk guyub rukun warga Kelurahan Kedungkeris Se-Jabodetabek, Aamiin YRA.

 

Penulis : Ali Sunarwan, S.AB.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Developed by Jasa Pembuatan Website Jogja