Iklan

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Flickr Feed

Img 20211214 Wa0006

Griya UMKM Kota Yogyakarta Gelar Pelatihan Kemasan Produk dan Desain Kemasan Produk Bagi UMKM

107
Spread the love

Yogyakarta, Suaradjogja.com– Pemasaran Produk UMKM di Kota Yogyakarta di era digital perlu sebuah terobosan dengan memanfaatkan berbagai media pemasaran baik offline maupun online. Pemasaran online, perlu disiapkan beberpa hal penting. Selain kualitas produk juga diperlukan desain kemasan yang menarik dan kemasan yang pas sesuai dengan produk dan target market yang tepat. Hal tersebut disampaikan oleh Bebasari Sitarini, SP, MMA selaku Plh. Kabid UKM Dinas Perindustrian Koperasi UKM Kota Yogyakarta dalam acara Pelatihan Kemasan dan Desain Kemasan di Griya UMKM pada Selasa 14 Desember 2021.

Banyak pengalaman kurang enak yang pernah dialami oleh konsumen pada saat belanja online, dengan tampilan yang bagus namun setelah barang dating ternyata kualitas produk dibawah harapan. Sebagai pelaku usaha maka UMKM tetap harus utamakan kualitas produk sebagai hal yang utama, dan akan lebih bagus dengan tampilan kemasan yang tepat dan menarik untuk menjaga kepuasan pelanggan.
Pelatihan diikuti oleh 35 pelaku UMKM dengan berbagai jenis produk baik kuliner, craft, dan fashion yang sangat antusian dengan materi yang disampaikan oleh Tim dari Rumah Kemasan. Pada materi pertama yang disampaikan oleh Dani memaparkan pentingya kemasan yang tepat bagi produk kita mulai dari pemilihan bahan kemasan dan tipe kemasan yang aman khususnya jenis produk kuliner basah.

Materi kedua disampaikan oleh Rohmadi, menyampaikan pentingnya desain kemasan yang menarik bagi produk UMKM, mengingat pemasaran saat ini berbasis digital sehingga diperlukan sebuah penampilan yang mampu menarik dimata calon konsumen. Desain kemasan yang tepat akan sangat membantu dalam meningkatkan kekuatan branding produk kita.

Acara Pelatihan Kemasan Produk dan Desain Kemasan ini didukung oleh BPJS Ketenagakerjaan dan Bank BPD sebagai mitra kerja dalam pendampingan UMKM di Kota Yogyakarta. BPJS Keteangakerjaan menekankan pentingnya perlindungan tenaga kerja UMKM dalam menjalankan usahanya, karena risiko selalu ada dalam aktifitas usaha sehingga perlunya perlindungan sedini mungkin melalui jaminan kecelakaan kerja, kematian, hari tuan dan pensiun. Sedangkan BPD DIY selaku Lembaga keuangan sangat mendukung perkembangan UMKM khususnya terkait kendala permodalan melalui program pembiayaan KUR dan Kredit Pemberdayaan Ekonomi Daerah (PEDE).

Nungki salah satu pengrajin batik yang hadir dalam pelatihan menyambut baik kegiatan ini dan berharap akan berkesinambungan dengan materi yang berbeda yang sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha mikro dalam upaya tumbuh dan naik kelas.

(DMS)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Developed by Jasa Pembuatan Website Jogja