Iklan

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Flickr Feed

Img 20221029 Wa0085

Diduga Selain Abaikan K3, Pengerjaan Proyek Talut Sungai Pesing di Wonolelo Pleret Bantul, Juga Tanpa Papan Transparansi

147
Spread the love

Bantul, Suaradjogja.com – Pelaksanaan proyek pembangunan di talut Sungai Pesing yang terletak di Pedukuhan Depok, Kalurahan Wonolelo, Kapanewon Pleret Bantul diduga abaikan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, pasalnya dilokasi pengerjaan tidak ditemukan papan transparansi atau papan proyek. Disamping itu para pekerja juga tidak dilengkapi alat pelindung diri/APD, saat tim media Suaradjogja.com datang kelokasi pekerja juga susah dimintai keterangan terkait CV pelaksana dan pengawas lapangan, Sabtu, (29/10/2022).

Ketika awak media datang kelokasi bertemu para pekerja pembangunan talut tersebut, dan sudah mencoba meminta keterangan, namun tidak direspon sama sekali. padahal sesuai dengan tupoksinya awak media mempunyai tugas yang salah satunya adalah sebagai kontrol sosial dalam kegiatan yang didanai oleh pemerintah.

Disisi lain, menurut keterangan pelaksana proyek lainnya yang berada disebelah barat proyek talud tersebut yang notabene sedang membangun jembatan, proyek talud tersebut adalah proyek dana aspirasi dari dewan, namun jika benar kenapa para pekerja berasal dari luar daerah dan bukan warga bantul.

Saat awak media mewawancarai pelaksana proyek yang berdampingan dengan pembangunan talut tersebut yang bernama Bayu, menuturkan ketika dirinya memulai proyeknya yang berada disebelah barat pembangunan talut pernah berkomunikasi, menanyakan dan mendapatkan jawaban itu adalah dana aspirasi.

“Pernah saya tanya itu katanya proyek dari dana aspirasi dewan”, jelas Bayu.

Untuk bisa menjadi perhatian bersama, sesuai undang undang keterbukaan informasi publik, kiranya sebuah pengerjaan proyek yang sumber dana nya dari pemerintah harusnya terpasang papan transparansi, sehingga masyarakat sekitar bisa tahu terkait proyek tersebut tanpa harus bertanya.

Hingga berita ini ditayangkan, awak media Suaradjogja.com belum bisa mengkonfirmasi pelaksana proyek talud tersebut.

(Ret/Raja Putra)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Developed by Jasa Pembuatan Website Jogja