Iklan

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Flickr Feed

Img 20191208 Wa0112

Cahaya Surga Di Kamar Pengantin

415
Spread the love

SuaraDjogja – Gua Cokro wisata ekstrem minat khusus yang siap membuat penggunjung terpesona. Sensasi masuk perut bumi yang membuat pengunjung terbuai dengan keindahan ciptaan Yang Maha Kuasa

Goa dengan kedalaman sekitar 20 meter vertical, berada di Dusun Blimbing, Desa Umbulrejo, Gunungkidul. situs yang menjadi salah satu bagian dari Geopark UNESCO.

Pengunjung wajib bernyali besar bila berniat menuruni Gua Cokro, karena kita akan menuruni dengan tali dan masuk perlahan lewat celah gua yang sangat sempit hingga sampai dasar gua.

Ada dua ‘gerbang’ yang bisa digunakan untuk masuk ke Goa Cokro, atau biasa disebut penduduk sekitar sebagai Luweng Cokro. Dua-duanya berbentuk lubang dengan ukuran kurang lebih dua kali satu meter di atas permukaan tanah. Namun untuk alasan keamanan, pengelola hanya membuka satu akses masuk.

lokasi wisata yang dibuka sejak 2010 ini masih relatif kurang populer di kalangan wisatawan domestik, namun sudah tersohor hingga ke mancanegara. Sejumlah komunitas penggemar eksplorasi gua dari luar negeri kabarnya pernah berkunjung ke sini.

Sementara dari sisi sejarah, bahwa penamaan Goa Cokro berasal dari kisah seseorang bernama sama yang pernah mengakhiri hidupnya di lokasi ini. Selain itu, konon banyak orang menjadikan gua sebagai tempat membuang benda pusaka.

Goa Cokro bisa dijadikan alternatif wisata bagi mereka yang mencari pengalaman unik tak terlupakan. Namun patut diingat bahwa untuk bisa melakukan eksplorasi gua, pengunjung harus melakukan reservasi minimal seminggu sebelum kedatangan.

Namun sayang akses jalan serta rambu-rambu penunjuk arah menuju goa Cokro yang kurang perhatian dari instansi terkait sehingga goa(Luweng) Cokro tidak terurus.

(Tosan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Developed by Jasa Pembuatan Website Jogja