Iklan

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Flickr Feed

Img 20200203 Wa0147

Budidaya Cacing Tanah Bisnis Yang Menjanjikan

399
Spread the love

SuaraDjogja.com, Bantul – Kamis,(16/01/2020) Ketua Dewan Pimpinan Cabang Persaudaraan Mitra Tani Nelayan Indonesia Kabupaten Bantul yang dipimpin Ferdinand. S. P. Tobing
Mengadakan survai budidaya cacing tanah bersama H. Sultoni, SH, M.H. belajar bagaimana caranya beternak cacing tanah (Lumbricus) berada di daerah Kasongan, Kabupaten Bantul di Ruwi Wahyudi.

Sultoni mengatakan “akan berencana beternak cacing untuk kebutuhan pemberian makan Ikan Gabus ( Kuthuk) dan pembuatan pupuk dan media tanam dari hasil olahan cacing tanah tersebut berencana dilahan Daerah Gilangharjo, Pandak, Bantul”.

Ditambahkan pula “Akan tetapi dengan diberikannya castcing tersebut, lebih bermanfaatnya bagi pertumbuhan tanaman dan perkembangan daun / bunga. Biasanya lebih bermanfaat bagi tanaman berbunga dibandingkan tanaman berbuah yang dicampur dengan media lainnya seperti kotoran sapi atau kotoran ayam”.

Ruwi Wahyudi mengatakan pula “menjadi peternak cacing tanah pada awalnya tidak terlalu luas ukuran tempatnya, hanya 80 meter, 50 meter, kemudian dibuat sekat-sekat agar dapat dibedakan besar kecilnya cacing itu dengan dijadikan kualitas cacing tanah terjaga dan makanan cacing tanah tersebut lebih baiknya diberikan sisa ampas tahu ( inipun jika cacing tanahnya sudah mencapai kwintal)”.

Img 20200203 Wa0146

Ruwi menyampaikan pula “cacing tanah tersebut selain buat pupuk juga dapat dibutuhkan untuk farmasi dan fermentasi dengan pelet yang diberikan untuk campuran makanan ikan seperti ikan lele dan ikan kuthuk”.

(mtp)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Developed by Jasa Pembuatan Website Jogja