Iklan

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Flickr Feed

Img 20210828 131649

Aning Hertrianing Hadir Dalam Acara Hari Jadi Kalurahan Genjahan

88
Spread the love

Gunungkidul, Suaradjogja.com, — Upacara Hari Jadi Kelurahan Genjahan Ponjong Gunungkidul yang dilaksanakan Sabtu (27/ 08/2021) dihadiri oleh Kerabat Keraton Yogyakarta, Aning Hertriasning akrab dipanggil Ndoro Aning.

Diketahui Aning Hertriasning adalah cucu dari Sultan HB ke Vlll, Ia merupakan penggerak budaya warisan leluhur yakni budaya asli yang ada di wilayah Yogyakarta dengan maksud agar tidak terkikis oleh serapan bidaya asing.

Acara yang pada Kalurahan Genjahan ini dimulai pukul 10.10 WIB dibuka dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya ,dilanjutkan Sambutan- Sambutan, acara inti yakni doa  dan potong tumpeng.

Dari langsiran sumber pemberitaan Fakta9.com Lurah Genjahan Agung Nugroho,SE yang merupakan Lurah ke 10 mengungkapkan berdirinya  kelurahan Genjahan pada hari Rabu Wage 28 Agustus1912 yang hingga saat ini sudah memasuki usia ke 119 Tahun.

Lebih lanjut Agung menjelaskan Kelurahan Genjahan yang juga merupakan desa rintisan budaya sehari sebelumya sudah melaksanakan acara jamasan pusaka .

“Kemarin sudah dilakukan jamasan pusaka meski sederhana, biasanya ada jamasan, sarasehan dll tetapi karelna adanya PPKM ini  acara sejak 2020 semuanya kami ringkas, seperti hari ini hanya ada kirab bergada saja tanpa ada kesenian lain yang kami tampilkan” ungkapnya.
Sementara itu melalui sambutan singkatnya Gusti Aning berharap agar pusaka-pusaka yang merupakan bukti sejarah Gunungkidul bisa dilestarikan dan selalu dijaga keberadaanya.

Acara yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto,S.Kom,M.Si bersama rombongan berlangsung khidmat.
(Redaksi).

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Developed by Jasa Pembuatan Website Jogja