Iklan

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Whatsapp Image 2021 03 04 At 08.50.32

Flickr Feed

Img 20220311 Wa0004

105 Rumah Warga Di Mantub, Sebagai Penetas Jentik Nyamuk Wolbachia

70
Spread the love

Bantul, Suaradjogja.com– Padukuhan Mantup, kalurahan Baturetno, Kapanewon Banguntapan, Bantul diuji coba cara baru membasmi nyamuk pembawa penyakit Deman Derdarah Dengue atau yang sering disebut dengan DBD.

Kadus Mantup Suryani S.Si
terjun langsung ke masyarakat dengan kader Jumantik (juru pemantau jentik) menghubungi 105 pemilik rumah untuk dititipi ember berisi telur nyamuk jenis wolbachia. Diharapkan setelah menetas dan dewasa jenis nyamuk tersebut akan kawin silang dengan nyamuk pembawa penyakit DBD. Dari hasil kawin silang akan punya anak nyamuk yang sudah melemah tingkat menularkan virus penyebab penyakit DBD.

Hari ini merupakan hari terakhir, tgl 10-3-2022, setelah tiga hari berturut-turut para kader jumantik dusun Mantup berkunjung dari rumah ke rumah untuk yang nantinya akan dititipi ember berisi telur nyamuk jenis wolbachia.

“Kami sudah memetakan 105 titik penitipan ember dengan jarak 75 meter tiap titik. Program ini kerjasama antara Dinas Kesehatan Bantul dan World Mosquito Program ( WMP), kebetulan wilayah kami dan Dasa Wisma kami yang ditunjuk melaksanakan program ini.” Kata Ani, salah satu kader tersebut.

Lebih lanjut mengatakan ukuran ember yang digunakan untuk pembibitan yang ditempatkan di rumah seukuran tempat cat 1kg, setelah diisi air kemudian diisi bibit nyamuk rata-rata 50 telur nyamuk, setelah 2 minggu telur akan menetas. Dan setelah menetas dimasukkan lagi bibit yang baru. Dengan perhitungan 50 bibit nyamuk dikalikan 105 setiap 2 minggu telur menetas, dengan begitu nyamuk yang berkeliaran nantinya sudah tidak membawa malapetaka lagi bagi manusia. Teknologi Nyamuk Aedes Aegypti Ber-wolbachia ini program 6 bulan yang akan dimulai bulan Mei nanti, sehingga pas puncak hujan bulan Oktober bisa berkurang kasus DBD. Begitu keterangan selanjutnya yang diberikan kepada awak media SuaraDjogja.com.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Developed by Jasa Pembuatan Website Jogja